Tautan-tautan Akses

AS Tembak Jatuh Drone yang Diluncurkan dari Wilayah yang Dikuasai Houthi


FILE - Kapal perusak berpeluru kendali USS Mason berlayar melintasi Samudera Atlantik, 2008.(Katrina PARKER / US NAVY VISUAL NEWS SERVICE / AFP)
FILE - Kapal perusak berpeluru kendali USS Mason berlayar melintasi Samudera Atlantik, 2008.(Katrina PARKER / US NAVY VISUAL NEWS SERVICE / AFP)

AS menembak jatuh sebuah drone yang diluncurkan dari daerah yang dikuasai Houthi sebagai tanggapan atas panggilan darurat dari tanker berbendera Mashall Islands di bagian selatan Laut Merah pada hari Rabu, kata Komando Pusat AS (CENTCOM), Kamis pagi.

Kapal perusak Angkatan Laut AS Mason menembak jatuh pesawat tak berawak itu yang diluncurkan dari daerah-daerah kekuasaan Houthi setelah kelompok itu menyerang kapal komersial Ardmore Encounter dengan perahu-perahu kecil, kata CENTCOM dalam postingan di X, sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

Sepasang rudal ditembakkan dari daerah yang dikuasai Houthi di Yaman namun tidak mengenai kapal itu. Ardmore Encounter juga mampu melanjutkan pelayaran tanpa insiden lebih jauh, kata CENTCOM.

Tidak ada laporan mengenai korban cedera atau kerusakan pada kapal dan personelnya, kata CENTCOM.

Ini adalah insiden terbaru dari serangkaian insiden di mana kelompok Houthi, yang berbasis di bagian utara Yaman menargetkan kapal-kapal yang menurutnya milik Israel atau yang menuju Israel.

Kelompok berbasis di Sanaa itu telah menghalangi perjalanan kapal-kapal itu dalam melalui Selat Bab al-Mandab. [uh/ab]

Forum

XS
SM
MD
LG