Tautan-tautan Akses

AS, Peru Bertekad Atasi Penebangan Hutan Liar


Burung Motmot di Hutan Lindung Manu di Madre de Dios, Amazon, Peru.

Burung Motmot di Hutan Lindung Manu di Madre de Dios, Amazon, Peru.

Presiden AS Barack Obama akan berkunjung ke Peru pekan ini sebagai bagian dari jadwal lawatan resmi dan terakhirnya ke luar negeri.

Amerika Serikat dan Peru sepakat meningkatkan upaya memberantas penebangan hutan secara liar dan memperkuat perlindungan terhadap lingkungan hidup di negara Amerika Selatan itu.

Wakil Departemen Perdagangan AS pekan lalu melakukan pembicaraan pertama dengan para pejabat pemerintahan Peru pimpinan presiden baru Pedro Pablo Kuczynski.

Wakil Perdagangan Amerika, Michael Froman mengatakan Selasa (15/11), ia berbesar hati dengan tindakan nyata yang diumumkan Peru untuk memastikan bahwa kayu yang diekspornya adalah hasil tebangan legal. Namun begitu, masih banyak tantangan yang dihadapi.

"Bagi kepentingan hutan kita, lingkungan global, dan budaya kita bersama, kami akan terus memantau dengan seksama situasi di Peru dan bekerja erat dengan mereka untuk menunjang lingkungan hidup," kata Froman.

Pemerintah Peru juga mengatakan, beberapa prioritas lingkungan hidup lain termasuk melindungi keanekaragaman hayati dan menciptakan serta memperluas kawasan lautan yang dilindungi.

Presiden AS Barack Obama akan berkunjung ke Peru pekan ini sebagai bagian dari jadwal lawatan resmi dan terakhirnya ke luar negeri. [ps/al]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG