Tautan-tautan Akses

AS: Kapal-Kapal Iran Menjauh dari Yaman


Kapal induk AS USS Theodore Roosevelt dan kapal penjelalah USS Normandy melakukan operasi pengamanan di perairan lepas pantai Yaman (21/4).

Kapal induk AS USS Theodore Roosevelt dan kapal penjelalah USS Normandy melakukan operasi pengamanan di perairan lepas pantai Yaman (21/4).

Amerika telah membantah bahwa armada Angkatan Laut AS berada di perairan Yaman untuk menghadang kapal-kapal Iran.

Seorang pejabat Departemen Pertahanan Amerika mengatakan, ketegangan di Laut Arab telah reda terkait prospek pengiriman senjata oleh kapal-kapal Iran untuk pemberontak Houthi di Yaman.

Juru bicara Pentagon Kolonel Steve Warren mengatakan kepada wartawan hari Jumat bahwa satu iring-iringan kapal Iran yang bertolak ke Yaman telah mengubah haluan dan kini tampaknya kembali menuju Iran.

Warren mengatakan tujuan iring-iringan itu belum jelas, tetapi “bisa dikatakan ini tampaknya merupakan penurunan ketegangan. Juru bicara itu menyatakan masih belum tahu pasti mengenai niat armada kapal barang Iran itu, meskipun konvoi itu kini menjauh dari Yaman.

Gedung Putih mengatakan memiliki bukti Iran memasok senjata bagi pemberontak Houthi Syiah di Yaman. Pentagon telah mengerahkan kapal-kapal perang ke perairan Yaman guna memastikan jalur perdagangan penting di Teluk Aden tetap terbuka.

Amerika membantah armadanya berada di sana untuk menghadang kapal-kapal Iran.Di Yaman, koalisi pimpinan Arab Saudi hari Kamis terus menggempur posisi pemberontak dekat kota Aden.

Ofensif udara itu berlanjut meskipun Arab Saudi awal minggu ini mengatakan resmi mengakhirinya.

Serangan udara selama satu bulan ini telah menewaskan ratusan warga sipil dan menghancurkan banyak rumah, tetapi secara umum gagal menghentikan gerakan Houthi.

Houthi telah berhasil mengusir Presiden Yaman Abd-Rabbu Mansour Hadi, yang didukung dunia Barat dan saat ini mengasingkan diri di Arab Saudi.

XS
SM
MD
LG