Tautan-tautan Akses

AS

Langgar Kerahasiaan Bank, AS Denda Bank Jerman $1,45 Miliar


Kantor pusat Commerzbank di Frankfurt, Jerman (foto: dok). Pemerintah AS mendenda Commerzbank $1,45 miliar, Kamis (12/3).

Kantor pusat Commerzbank di Frankfurt, Jerman (foto: dok). Pemerintah AS mendenda Commerzbank $1,45 miliar, Kamis (12/3).

Pemerintah AS memerintahkan bank Jerman Commerzbank dan afiliasinya di Amerika untuk membayar denda $1,45 miliar, Kamis (12/3).

Departemen Kehakiman Amerika (DOJ) memerintahkan bank Jerman Commerzbank dan afiliasinya di Amerika untuk membayar denda $1,45 miliar atas pelanggaran aturan sanksi AS dan penipuan sekuritas multi-miliar dolar.

Dalam sebuah pernyataan hari Kamis, DOJ mengatakan Commerzbank, bank terbesar kedua di Jerman, mengaku dan bersedia bertanggung jawab atas tindakan pidana dalam pelanggaran International Emergency Economic Powers Act (IEEPA) dan Bank Secrecy Act (BSA).

DOJ mengatakan Commerzbank telah mengaku "sadar dan sengaja" memindahkan dana $263 juta melalui sistem keuangan AS atas nama pengusaha Iran dan Sudan, yang dikenai sanksi untuk melakukan bisnis di Amerika Serikat.

Bank itu juga mengaku menyembunyikan dan menutupi keterlibatan bisnis yang dikenai sanksi itu dari pesan-pesan pembayaran dan transaksi dengan cabang di New York dan lembaga keuangan AS lainnya.

"Commerzbank melanggar integritas sistem keuangan dan mengancam keamanan nasional kita dengan menyembunyikan bisnis yang mereka lakukan dengan pengusaha-pengusaha di Iran dan Sudan," kata Jaksa Ronald Machen.

"Resolusi hari ini menunjukkan akan ada hukuman apabila bank global berusaha meraih keuntungan dari manfaat-manfaat sistem keuangan AS tanpa menghormati hukum kita."

XS
SM
MD
LG