Tautan-tautan Akses

AS Angkat Utusan Baru Untuk Korut


Utusan AS untuk Korea Stephen Bosworth mengundurkan diri dari jabatannya (foto:dok).

Utusan AS untuk Korea Stephen Bosworth mengundurkan diri dari jabatannya (foto:dok).

Amerika akan mengangkat Glynn Davies sebagai utusan baru untuk Korea Utara menggantikan Stephen Boswoth.

Amerika Serikat mengatakan pihaknya akan mengangkat utusan baru untuk Korea Utara, menjelang pertemuan yang jarang dengan perunding nuklir negara itu pekan depan.

Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan pertemuan itu akan diadakan hari Senin dan Selasa di Jenewa. Itu dapat menentukan apakah keadaan sudah siap untuk melanjutkan pembicaraan internasional mengenai perlucutan senjata nuklir Korea Utara.

Utusan Amerika untuk Korea Utara, Stephen Bosworth yang sudah habis masa jabatannnya akan memimpin tim Amerika bersama diplomat Glynn Davies yang akan menggantikan posisinya. Tim Korea Utara akan dipimpin oleh Wakil Menteri Luar Negeri Kim Kye Guan.

Seorang jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika Mark Toner menyebut pembicaraan itu sebagai penjajakan, dan menekankan bahwa Amerika Serikat ingin mengetahui kesungguhan pihak Korea Utara.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Il mengatakan bahwa pembicaraan enam pihak hendaknya dilanjutkan segera dan tanpa pra-syarat. Ia mengatakan demikian dalam wawancara dengan kantor berita negara Rusia, ITAR-Tass, yang dimuat hari Rabu.

XS
SM
MD
LG