Tautan-tautan Akses

AS

AS Akan Bantu Jepang Pertahankan Kepulauan Sengketa


Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe berbicara dengan Presiden AS Barack Obama dalam KTT Keamanan Nuklir di Den Haag (24/3). (Reuters/Yves Herman)

Obama mengatakan Kepulauan Senkaku dikuasai oleh Jepang dan AS menentang setiap usaha sepihak untuk merongrong pemerintahan Jepang di kepulauan tersebut.

Presiden AS Barack Obama mengukuhkan Rabu (23/4) bahwa perjanjian keamanan bersama antara Amerika Serikat dengan Jepang berlaku pada kepulauan yang menjadi pangkal persengketaa wilayah antara China dan Jepang.

“Kebijakan Amerika Serikat adalah jelas,” kata Obama dalam jawaban tertulis atas pertanyaan yang dimuat dalam surat kabar Yomiuri Jepang sebelum kedatangannya di Tokyo pada awal perlawatan ke empat negara Asia.

“Kepulauan Senkaku dikuasai oleh Jepang dan oleh karena itu termasuk dalam perjanjian Amerika-Jepang,” tulisnya. “Dan kami menentang setiap usaha sepihak untuk merongrong pemerintahan Jepang di kepulauan ini.”

Pernyataannya tampaknya bertujuan untuk menenangkan Jepang bahwa Amerika akan datang membantu pertahanannya kalau sekiranya China merebut kepulauan itu, yang dinamakan Diayou oleh China. Pencaplokan Krimea oleh Rusia telah menimbulkan keprihatinan mengenai kemauan politik Amerika untuk melindungi sekutu-sekutunya di Asia, terutama Jepang dan Filipina.

Obama mengatakan Amerika Serikat sedang memperdalam hubungannya dengan China, tetapi “hubungan kami dengan China tidak dan tidak akan merugikan Jepang atau setiap sekutu lain.”

Ia memberitahu Yomiuri bahwa Amerika akan terus mengambil langkah-langkah untuk mengurangi dampak kehadiran militernya di Okinawa, tetapi menambahkan “penting mengingat bahwa kehadiran Korps Marinir Amerika mutlak perlu untuk keamanan kita bersama. Kehadiran tersebut memainkan peran kunci dalam pertahanan Jepang.
XS
SM
MD
LG