Tautan-tautan Akses

120 Tewas di Nigeria dalam Bentrokan Islam-Kristen


Pejabat Presiden Nigeria Goodluck Jonathan memerintahkan pasukan keamanan untuk menumpas “kelompok pembunuh" di Jos.

Sedikitnya 120 orang tewas dalam bentrokan kelompok Islam-Kristen yang terjadi dekat kota Jos di Nigeria. Kata para pejabat, kelompok nomad atau pengembara, menyerang tiga desa dekat kota Jos kira-kira jam tiga pagi hari Minggu dengan membakari rumah-rumah dan membunuh penduduk dengan pisau dan golok.

Penduduk desa Dogo Nahawa, yang terletak di selatan kota Jos melaporkan, orang-orang bersenjata yang tidak dikenal menyerang desa itu sebelum subuh hari Minggu.

Kata para wartawan yang tiba di tempat kejadian, ada sedikitnya 100 mayat yang ditumpuk di lapangan terbuka, kebanyakan perempuan dan anak-anak.

Penduduk desa yang beragama Kristen mengatakan kelompok penyerang itu adalah suku Fulani yang kebanyakan beragama Islam. Pejabat Presiden Nigeria Goodluck Jonathan memerintahkan pasukan keamanan untuk menumpas apa yang disebutnya “kelompok pembunuh yang mengadakan aksi keliling.”

Kota Jos dilanda empat bentrokan besar antara kelompok Muslim dan Kristen dalam 10 tahun terakhir. 325 orang tewas terbunuh dalam insiden bulan Januari lalu.

XS
SM
MD
LG