Tautan-tautan Akses

AS

Antisipasi Meningkat untuk Pilihan Akhir Kabinet di Trump Tower


Seorang polisi Kota New York tengah mengawasi suasana di luar Trump TOwer di New York (5/12).

Di dalam Trump Tower, pencarian dilanjutkan untuk diplomat tertinggi Amerika berikutnya. Presiden terpilih Donald Trump memperluas daftar orang-orang yang mungkin dipilihnya untuk jabatan menteri luar negeri, termasuk Jon Huntsman, mantan duta besar untuk China.

Presiden terpilih Donald Trump berjanji akan mengungkapkan "hampir semua" pilihan untuk kabinetnya minggu ini, dan Senin kemarin dia memilih menteri perumahan dan pembangunan perkotaan. Tapi dalam seminggu ini, pencarian untuk menteri luar negeri malah diperluas.

Sementara itu, wartawan VOA Ramon Taylor melaporkan demonstrasi yang dipimpin oleh calon presiden Partai Hijau tahun ini Jill Stein membakar semangat kerumunan orang di Manhattan untuk menuntut penghitungan suara di tiga negara bagian.

Pada Senin pagi yang sangat dingin di luar Trump Tower, pendukung penghitungan suara di tiga negara bagian yang diperebutkan dengan sengit berdebat dengan pengunjuk rasa. Jill Stein memimpin demonstrasi dalam upaya yang berkelanjutan untuk memastikan hasil pemilu bulan lalu tidak dimanipulasi oleh peretas.

"Kita di sini untuk meyakinkan Donald Trump bahwa tidak ada yang perlu ditakutkan. Jika Anda percaya pada demokrasi, jika Anda percaya pada kredibilitas kemenangan Anda, hentikan perlawanan Anda," kata Calon presiden Partai Hijau Jill Stein.

"Sebagai pemilih kita perlu memastikan bahwa demokrasi tidak terhambat dengan cara apa pun dan bahwa suara kami sedang dihitung dengan benar," kata Rachel Desario, salah seorang pendukung upaya hitung ulang.

Sementara Pim Couch menentang upaya tersebut. Dia mengatakan,"Kita semua mendapatkan kesempatan untuk memilih. Semua sudah melakukannya. Dan sekarang kita harus menerima kenyataan dan melangkah ke depan."

Di dalam Trump Tower, pencarian dilanjutkan untuk diplomat tertinggi Amerika berikutnya. Presiden terpilih Donald Trump memperluas daftar orang-orang yang mungkin dipilihnya untuk jabatan menteri luar negeri, termasuk Jon Huntsman, mantan duta besar untuk China. Langkah ini dipandang signifikan, mengingat Trump baru-baru ini berkicau bahwa dia mendapat ucapan selamat dalam percakapan telepon dengan presiden Taiwan, sementara interaksi itu secara luas dianggap sebagai penghinaan terhadap China dan berisiko terhadap hubungan China -Amerika.

Posisi kabinet yang masih harus diisi oleh Trump termasuk menteri dalam negeri, energi, pertanian, urusan veteran, dan keamanan dalam negeri.

Pada hari Senin, tim Trump mengumumkan ahli bedah saraf dan calon presiden 2016 dari Partai Republik Ben Carson adalah pilihan untuk Menteri Perumahan dan Pembangunan Perkotaan.

"Kami gembira mendapatkan Dr Carson sebagai calon kami untuk [menjabat sebagai] Menteri Perumahan dan Pembangunan Perkotaan. Kami tidak sabar untuk menjalani seminggu lagi [masa] yang sangat produktif dalam transisi yang laju perkembangan yang bersejarah ini," komentar Wakil Presiden terpilih Mike Pence.

Sementara itu, mantan wakil presiden Partai Demokrat dan aktivis lingkungan Al Gore bertemu dengan Donald Trump dan putrinya Ivanka dalam apa yang digambarkan sebagai "upaya tulus untuk menemukan kesamaan."

"Percakapan yang berlangsung sangat menarik, dan akan dilanjutkan," kata Al Gore.

Trump telah mencap perubahan iklim sebagai tipuan China tetapi dalam pembicaraan dengan harian New York Times dia telah menunjukkan kesediaan untuk mengevaluasi kembali sikap itu dan tetap membuka pikiran terhadap kemungkinan baru. [as/ab]

XS
SM
MD
LG