Tautan-tautan Akses

Anggota DPR AS Tegur Menteri Kesehatan


ARSIP – Foto yang diambil hari Kamis, 4 Mei 2017, menunjukkan Menteri Kesehatan Tom Price yang sedang berbicara di Rose Garden di Gedung Putih, Washington, setelah DPR AS meloloskan undang-undang perawatan kesehatan (foto: AP Photo/Evan Vucci, Arsip)

Menteri Kesehatan, Tom Price, mendapat teguran dari dua orang anggota DPR Amerika karena adanya memo Departemen itu yang tampaknya membatasi para karyawan departemen untuk berkomunikasi secara langsung dengan Kongres.

Dua orang anggota DPR Amerika telah menegur seorang menteri kabinet Presiden Donald Trump, Menteri Kesehatan Tom Price, karena adanya memo Departemen itu yang tampaknya membatasi para karyawan departemen untuk berkomunikasi secara langsung dengan Kongres.

Senator Charles Grassley dan anggota Kongres Jason Chaffetz dalam sepucuk surat kepada Price mengatakan bahwa arahan kepada para karyawan departemen itu ”ilegal dan tidak konstitusional.”

Kedua ketua komite itu mengemukakan bahwa Undang-Undang Amerika menjamin para karyawan pemerintah hak untuk menghubungi Kongres, dan mereka mengatakan memo yang dikeluarkan oleh salah satu pembantu Price bulan ini “mungkin akan mencegah pengungkapan tentang, penipuan dan penyalahgunaan. ”

Meskipun memo itu tidak secara jelas melarang para karyawan departemen untuk mengadakan kontak dengan para anggota Kongres, Grassley dan Chaffetz menulis bahwa “para karyawan federal akan memaknai instruksi ini sebagai larangan.”

Kedua penyusun Undang-Undang dari Partai Republik itu mengatakan dalam sepucuk surat kepada Price pekan lalu, “Melindungi para whistleblower atau pembongkar rahasia yang secara berani bicara terang-terangan bukanlah isu satu partai saja. Whistleblowing itu sangat penting bagi berfungsinya pemerintah kita.”

Sebuah Undang-Undang yang berlaku sejak tahun 1912 memberikan para karyawan federal hak untuk menghubungi Kongres secara langsung mengenai masalah-masalah yang berkaitan dengan pekerjaan mereka. Kongres dalam tahun-tahun 1980-an dan 1990-an memperkuat perlindungan bagi para karyawan pemerintah yang bertindak sebagai pembocor rahasia.

Grassley dan Chaffetz minta kepada Price agar mengeluarkan memo baru untuk menjelaskan hak pegawai Departemen Kesehatan dalam masalah itu. Jurubicara Departemen Kesehatan mengatakan kepada Washington Post bahwa tanggapan sedang dipersiapkan . [sp]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG