Tautan-tautan Akses

Amerika Perbaiki Teknologi Perlindungan Identitas Pengguna Internet

  • Julyann McKellogg

Pencurian identitas dan penipuan melalui internet kerap terjadi di Amerika.

Pencurian identitas dan penipuan melalui internet kerap terjadi di Amerika.

Pemerintahan Obama menyampaikan strateginya untuk bekerjasama dengan sektor swasta dalam memperbaiki teknologi untuk melindungi identitas orang di internet.

Pemerintah Amerika dan pimpinan sektor swasta mengatakan nama pengguna dan kata sandi tidak cukup aman digunakan dari ancaman para peretas.

Itulah sebabnya Menteri Perdagangan Amerika Gary Locke berbicara tentang besarnya kejahatan di bidang tersebut dalam acara peluncuran prakarsa Strategi Nasional untuk Identitas Terpercaya di Dunia Maya yang diselenggarakan di Washington.

Ia mengatakan, “Pencurian identitas dan data adalah momok. Banyak e-mail yang masuk ke dalam kotak surat elektronik meminta penerima email yang tidak sadar bahwa dirinya sedang terpedaya agar mengetik nama pengguna dan kata sandi mereka pada sebuah situs penipuan. Kerugian akibat kejahatan ini mencapai 37 juta dolar setahunnya.”

Pemerintahan Obama bermitra dengan perusahaan-perusahaan seperti Google untuk mengembangkan teknologi internet dan piranti lunak bagi komputer pribadi agar transaksi-transaksi yang dilakukan melalui internet aman dari incaran para peretas. Jenis-jenis teknologi ini juga akan digunakan untuk mengamankan pengiriman informasi pribadi melalui internet, seperti rekor kesehatan, dan untuk melakukan verifikasi identitas pasien.

Koordinator Keamanan Dunia Maya pada Gedung Putih, Howard Schmidt, mengatakan setiap orang akan mendapat manfaat dari prakarasa ini. “Ini adalah kesempatan baik untuk dapat membangun kembali kepercayaan dan melakukan lagi hal-hal yang biasa kita lakukan yang terkait dengan kerahasiaan pribadi dan kebebasan warga sipil,” ujarnya.

Departemen Perdagangan Amerika mengatakan transaksi di internet setiap tahunnya mencapai 10 trilyun dolar. Gary Locke mengatakan ketidakamanan penggunaan internet menghalangi pertumbuhan ekonomi di sektor itu. “Perdagangan lewat internet tidak bisa dan tidak akan berkembang pesat apabila pengguna internet dan konsumen tidak merasa aman melakukan transaksi pembelian,” papar Locke.

Tetapi, David Gewitz, Direktur Badan Perspektif Strategis dan Lembaga Keamanan Internet, mengatakan upaya kerjasama antara pemerintah dan sektor swasta untuk mengirim informasi identitas orang melalui internet yang aman juga bisa menimbulkan masalah.

“Kemungkinan itu selalu ada, walaupun maksudnya adalah agar informasi identitas seseorang tidak disalahgunakan. Dalam praktiknya, kebanyakan lembaga yang dipercaya ini punya kecenderungan untuk menyalahgunakan informasi identitas orang,” katanya.

Gedung Putih mengatakan masih banyak yang harus dilakukan untuk mengembangkan prakarsa yang dipimpin sektor swasta ini. Pemerintah Amerika mengatakan perannya adalah memfasilitasi upaya itu dengan mengadakan pertemuan dan lokakarya dengan sektor swasta dan dunia akademis dalam beberapa bulan mendatang, dan juga menjamin perlindungan dan kerahasiaan individu.

XS
SM
MD
LG