Tautan-tautan Akses

AS Izinkan Penjualan Alkohol dalam Bentuk Bubuk

  • Associated Press

Alkohol dalam bentuk bubuk yang dapat dicampurkan ke dalam minuman telah mendapatkan izin penjualan dari regulator pemerintah federal.

Produk yang disebut sebagai Palcohol, telah sempat mendapatkan lampu hijau dari Biro Pajak dan Perdagangan Alkohol dan Tembakau tahun lalu sebelum lembaga tersebut mengubah keputusan mereka dan menarik kembali lisensi mereka.

Juru bicara biro tersebut, Tom Hogue, Rabu, mengatakan kepada kantor berita Associated Press bahwa isu tersebut telah diselesaikan dan bahwa empat jenis Palcohol telah disetujui. Tapi Hogue mencatat bahwa tiap-tiap negara bagian dapat meregulasi kebijakan penjualan alkohol.

Pemberian izin ini merupakan langkah maju bagi perusahaan kecil yang produknya telah menimbulkan kontroversi.

Beberapa negara bagian sudah lebih dulu bergerak dan melarang penjualan bubuk alkohol, termasuk negara bagian Colorado yang bulan lalu mengesahkan undang-undang yang sementara menghentikan penjualan Palcohol. Tapi undang-undang itu sudah berubah dan kini menyatakan bila bubuk alkohol mendapat persetujuan dari pemerintah federal, maka alkohol dalam bentuk bubuk akan diregulasi seperti halnya penjualan alkohol dalam bentuk cair.

Berbagai kekhawatiran seputar Palcohol muncul. Mereka yang tidak setuju khawatir bubuk allkohol akan disalahgunakan oleh anak-anak di bawah umur, atau dihisap lewat hidung seperti halnya narkoba, atau bahwa paket bubuk alkohol akan dapat mudah diselundupkan ke tempat-tempat publik untuk dicampur untuk menjadikan minuman memabukkan.

Palcohol dikemas dalam bentuk kantong. Untuk mengkonsumsinya, bubuk tinggal ditambahkan ke dalam air untuk menjadikannya minuman beralkohol.

Sebuah pernyataan di website Palcohol mengatakan perusahaan tersebut berharap akan dapat menjual produknya mulai musim panas tahun ini. Pendiri Palcohol Mark Philips mengatakan dalam email bahwa harga jual Palcohol belum ditentukan.

"Kami tidak dapat berkomentar mengenai produksi maupun distribusi produk kami untuk saat ini," ujarnya. Keempat produk yang telah mendapat lisensi adalah versi bubuk cosmopolitan, margarita, vodka dan rum. Philiips menambahkan bahwa ia berharap satu versi lagi, Lemon Drop, akan segera mendapatkan izin.

Philips mendapat ide untuk menciptakan Palcohol karena ia ingin menikmati minuman beralkohol setelah pergi mendaki dan berbagai aktivitas lainnya, tanpa harus membawa-bawa botol yang berat.

XS
SM
MD
LG