Tautan-tautan Akses

Amerika Bantu Nigeria Cari Ratusan Siswi yang Diculik


Juru bicara Gedung Putih Jay Carney (Foto: dok).

Juru bicara Gedung Putih Jay Carney (Foto: dok).

Boko Haram mengaku bertanggung jawab atas penculikan itu dalam rekaman video berbahasa Hausa yang dirilis ke kantor-kantor berita pada hari Senin (5/5).

Amerika Serikat memberikan bantuan kontraterorisme kepada Nigeria untuk membantu mencari ratusan gadis yang diculik bulan lalu oleh kelompok militan Islam Boko Haram.

Juru bicara Gedung Putih Jay Carney mengatakan hari Senin (5/5) penculikan itu adalah sebuah "tragedi mengerikan" dan mengatakan bahwa para pejabat keamanan nasional Amerika terus memantau situasi.

Orang-orang bersenjata menculik gadis-gadis itu dari sebuah sekolah di kota Chibok, negara bagian Borno pada tanggal 14 April. Pemerintah Nigeria mengatakan beberapa gadis berhasil meloloskan diri, tapi 276 orang masih belum ditemukan.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Marie Harf mengatakan dia tidak mengantisipasi aset militer Amerika digunakan dalam pencarian. Dia juga mengomentari penangkapan pemimpin protes Minggu malam yang menekan pemerintah Nigeria untuk mencari gadis-gadis tersebut.

Boko Haram mengaku bertanggung jawab atas penculikan itu dalam rekaman video berbahasa Hausa yang dirilis ke kantor-kantor berita pada hari Senin. Dalam video tersebut, pemimpin Boko Haram Abubakar Shekau mengatakan "Aku menculik gadis-gadis kalian," dan bertekad akan "menjual mereka."
XS
SM
MD
LG