Tautan-tautan Akses

Aktivis Kamboja Dibebaskan dari Penjara


Yorm Bopha (kanan), memasuki pengadilan Mahkamah Agung di Phnom Penh, Kamboja (22/11).

Yorm Bopha (kanan), memasuki pengadilan Mahkamah Agung di Phnom Penh, Kamboja (22/11).

Mahkamah Agung Kamboja membebaskan Yorm Bopha dengan uang jaminan dan menyerahkan kembali kasusnya ke Mahkamah Banding untuk investigasi lebih lanjut dan pengadilan ulang, Jumat (22/11).

Mahkamah Agung Kamboja membebaskan seorang aktivis yang telah menjalani hukuman penjara satu tahun atas dakwaan yang dianggap luas sebagai upaya membungkam seorang pengecam pemerintah.

Mahkamah Agung hari Jumat (22/11) membebaskan Yorm Bopha dengan uang jaminan dan menyerahkan kembali kasusnya ke Mahkamah Banding untuk investigasi lebih lanjut dan pengadilan ulang.

Yorm Bopha dipenjarakan pada September 2012 dan divonis bersalah pada bulan Desember karena didakwa merencanakan kekerasan disengaja terhadap dua lelaki.
Kelompok-kelompok hak asasi menyatakan tidak ada bukti yang memberatkannya dan para saksi mata memberikan kesaksian yang tidak konsisten.

Menurut kelompok-kelompok hak asasi, Bopha divonis bersalah karena ia berupaya membela komunitasnya dalam penggusuran paksa oleh pemerintah dari lahan yang dijual kepada para pengembang. Menurut mereka, kasus Bopha merupakan contoh terbaru dari penyalahgunaan pengadilan oleh pemerintah untuk membungkam para pengecamnya.
XS
SM
MD
LG