Tautan-tautan Akses

AS

Luke Aikins, Penerjun Bebas Pertama Tanpa Parasut


Penerjun bebas Luke Aikins tersenyum saat berlatih melompat dari helikopter di Simi Valley, California (foto: dok).

Penerjun bebas Luke Aikins tersenyum saat berlatih melompat dari helikopter di Simi Valley, California (foto: dok).

Luke Aikins berhasil terjun dari ketinggian tujuh kilometer tanpa parasut di atas Simi Valley, California, hari Sabtu (30/7).

Uji keselamatan jaring yang akan menangkap Luke Aikins menunjukkan, penerjun bebas mungkin tidak akan selamat bila terjun dari ketinggian tujuh kilometer tanpa parasut.

Untuk selamat, setelah melompat keluar dari pesawat di atas Simi Valley, California, hari Sabtu (30/7), dengan kecepatan jatuh 193 km/ jam, dalam dua menit ia harus mengarahkan diri mencapai jaring selebar 30 kali 30 meter yang dipasang untuknya di gurun.

"Bodoh kalau saya tidak gugup," ujar Luke sebelum melakukan terjun bebas itu hari Sabtu, seperti diberitakan koran Guardian.

Setidaknya satu percobaan yang dilakukan dengan boneka gagal. Bobot boneka merobek jaring.

Namun, setelah dua tahun perencanaan, percobaan dan kegagalan, laki-laki usia 42 tahun yang berprofesi sebagai stuntman itu melompat dari pesawat Cessna bersama tiga penerjun bebas lain yang berparasut dan merekam penerjunan itu dan membawa perlengkapan yang dibutuhkan Aikins di awal penerjunan, seperti masker oksigen.

Aikins terjun bebas, lalu berguling sebelum meluncur deras ke arah jaring yang membentang dan menangkapnya. Ia mencatat rekor sebagai penerjun bebas pertama yang jatuh dari ketinggian itu dan mendarat di jaring. [ka/al]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG