Tautan-tautan Akses

Rakyat Macedonia sedang Menunggu Hasil Pemilihan Lokal - 2005-03-14


Rakyat Macedonia sedang menunggu hasil pemilihan lokal yang dilaksanakan Ahad kemarin, menandai langkah akhir persetujuan perdamaian tahun 2001 dengan kaum pemberontak etnik Albania.

Hasil awal pemilihan diperkirakan akan keluar pekan ini. Para pejabat pemilihan menyatakan hanya ada beberapa masalah kecil yang dilaporkan.

Pemilihan Ahad kemarin merupakan bagian penting dari kesepakatan pembagian kekuasaan yang diprakarsai oleh pihak Barat yang mengakhiri pemberontakan etnik Albania pada tahun 2001. Hal itu dilakukan di bawah sistem baru yang bertujuan untuk menciptakan desentralisasi kekuasaan dan menjamin pemberian hak-hak yang lebih besar kepada etnik Albania, yang merupakan seperempat dari jumlah keseluruhan penduduk Macedonia.

Para pejabat yang baru terpilih akan memiliki kekuasaan yang lebih besar dalam bidang-bidang seperti pendidikan, penerapan hukum, kesehatan dan pembangunan ekonomi.

Pemilihan tersebut – yang dimonitor oleh pengamat internasional – dianggap sebagai ujian bagi kestabilan Macedonia dan ukuran terhadap kesempatan negara itu menjadi anggota NATO dan Uni Eropa.

XS
SM
MD
LG