Tautan-tautan Akses

Powell: AS Tidak akan Mengabaikan Para Korban Tsunami di Asia Selatan  - 2005-01-04


Mentri LN AS Colin Powell mengatakan, AS tidak akan mengabaikan para korban gempa dan tsunami Asia Selatan dan menjanjikan dukungan sistem peringatan dini untuk mencegah terulangnya kejadian malapetaka itu.

Powel mengatakan kepada para wartawan di Thailand Selasa ini , situasi sesudah tsunami merupakan tragedi bagi seluruh dunia. Kata Powell, AS ber-solider dengan mereka yang dilanda tsunami.

Powell memimpin tim penilai AS meninjau daerah-daerah terlanda bencana menjelang kedatangannya Kamis untuk menghadiri KTT di Indonesia. Pembicaraan Powell di Thailand berfokus pada usaha menciptakan sistem peringatan dini regional, dan juga langkah rekonstruksi jangka panjang.

Pemerintah AS telah menjanjikan bantuan 350 juta dolar bagi daerah terlanda bencana. Para pejabat bantuan melaporkan rakyat AS juga telah menyumbkan puluhan juta dolar.

Sementara itu, dua mantan presiden AS, George Bush Senior dan Bill Clinton turut mendorong seluruh rakyat AS agar memberikan bantuan langsung kepada para korban. Presiden Bush mengumumkan usaha pengumpulan bantuan itu di seluruh AS Senin kemarin.

XS
SM
MD
LG