Tautan-tautan Akses

PBB Mengatakan Jumlah Korban Jiwa Akibat Tsunami akan Meningkat di Sumatra - 2005-01-04


PBB telah memperingatkan jumlah korban jiwa akibat gempabumi dan tsunami pekan lalu akan sangat meningkat di Pulau Sumatra.

Koordinator Pemberian Bantuan PBB Jan Egeland mengatakan, banyak desa yang terletak di daerah rendah di pantai barat Sumatra lenyap.

Di Indonesia sekarang korban jiwa berjumlah 94 ribu , sehingga seluruh jumlah korban di kawasan dunia yang terlada bencana sekitar 145 ribu jiwa.

Bagi yang selamat masih tertahan air di banyak bagian Indonesia, Sri Lanka dan Maladewa, satuan helikopter militer mendrop bahan pangan dan perbekalan di sana. Namun bandara utama di Sumatra, fasilitas utama pengiriman bantuan lewat udara, masih ditutup sejak Selasa pagi setelah pesawat kargo ketika mendarat menabrak lembu .

Di daerah-daerah yang dapat terjangkau usaha bantuan internasional besar-besaran sekarang sudah sampai kepada puluhan ribu orang. Egeland menyebut membanjirnya bantuan sangat menggemberikan .Dia mengemukakan bahkan negara-negara miskin pun juga memberikan bantuan.

Para pejabat bantuan mengatakan hampir dua juta orang di Asia dan Afrika memerlukan bantuan pangan dan perbekalan untuk mencegah terserang penyakit.

Para pejabat bantuan mengatakan, di beberapa daerah, orang yang selamat siap membangun kembali daerah bencana dan bantuan harus disiapkan semestinya. Egeland mengemukakan, para nelayan tidak ingin diberi ikan, namun menghendaki jaring dan perahu / kapal yang dapat mereka gunakan untuk menangkap ikan.

XS
SM
MD
LG