Tautan-tautan Akses

Penjagaan kKeamanan Gereja Umat Kristiani di Indonesia akan Ditingkatkan - 2004-12-13


Para pejabat Indonesia memerintahkan agar penjagaan keamanan gereja gereja umat Kristiani ditingkatkan setelah serangan yang terjadi terhadap dua kelompok jemaah gereja hari Ahad malam kemarin.

Sekretaris kabinet Sudi Silalahi mengatakan hari Senin ini bahwa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memerintahkan pihak kepolisian agar memberikan perhatian khusus kepada gereja gereja, terutama selama perayaan Natal dan Tahun Baru.

Para jemaah sedang berada di dalam gereja ketika serangan terjadi hari Ahad kemarin di Palu, Sulawesi Tengah. Pihak kepolisian belum tahu siapa yang melakukan serangan itu, namun mereka menyatakan pelaku penyerangan itu menembaki sebuah gereja dan meledakkan sebuah bom di gereja lainnya.

Konflik yang berakhir dengan kekerasan telah beberapa kali terjadi di Sulawesi Tengah antara warga Muslim dan warga Kristiani. Lebih dari 1000 orang tewas dalam konflik yang terjadi pada tahun 1999.

Empat tahun lalu, pemboman terhadap gereja gereja di beberapa kota di Indonesia yang terjadi pada malam sebelum hari Natal menewaskan 19 orang.

XS
SM
MD
LG