Tautan-tautan Akses

Tim Jaksa Penuntut PBB di Timor Timur Mengeluarkan 40 Dakwaan - 2003-02-28


Tim jaksa penuntut PBB yang bekerja untuk peradilan HAM di Timor Timur telah mengeluarkan 40 dakwaan lagi, termasuk terhadap seorang pejabat tinggi pasukan keamanan Indonesia. Brigadir Jenderal Polisi Timbul Silaen didakwa hari ini karena dituduh terlibat dalam pembunuhan, tindakan tidak berperi kemanusiaan dan pemulangan paksa paling sedikit 25 ribu orang dari Timor Timur ke Timor Barat. Dia adalah perwira tinggi terbaru dari pasukan keamanan Indonesia yang didakwa melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan pekan ini oleh Unit Kejahatan Serius PBB.

Selasa lalu, tim jaksa penuntut menjatuhkan dakwaan terhadap mantan MenHan Indonesia Jenderal Wiranto, karena membantu membentuk kelompok-kelompok milisi anti kemerdekaan dan bertanggungjawab atas kejahatan perang yang dilakukan oleh kelompok milisi sewaktu masih di bawah komando militer.

MenLu Indonesia mengatakan pekan ini, bahwa pengadilan HAM Timor Timur tidak memiliki jurisdiksi atas para pejabat Indonesia. Dia mengatakan pemerintah Indonesia tidak akan mengambil tindakan apapun terhadap dakwaan-dakwaan tsb.

XS
SM
MD
LG