Tautan-tautan Akses

<b>Pertanyaan Seputar VOA</b> - 2001-04-09


Apakah VOA itu?
VOA, atau Voice of America, adalah sebuah lembaga, bagian dari pemerintah Amerika yang melaksanakan siaran luar negeri. VOA berpusat di Washington, D.C. Kantor-kantor perwakilan dan para koresponden VOA tersebar di seluruh dunia. VOA memiliki ratusan penulis dan editor, serta koresponden dan jaringan stringer yang tersebar di seluruh dunia.
VOA menyiarkan lebih dari 900 jam acara berita dan informasi lainnya setiap minggu, dan mencapai lebih dari 93 juta pendengar dan penonton di dunia. VOA menyiarkan dalam bahasa Inggris dan 53 bahasa lain melalui radio, televisi, internet. Selain itu VOA juga menyebarluaskan misinya lewat jaringan stasiun afiliasi, yakni stasiun lokal yang memiliki kerjasama dengan VOA yang saat ini jumlah stasiun afiliasi mencapai lebih dari 1200 stasiun pemancar.

VOA Program Bahasa Indonesia?
Program Bahasa Indonesia merupakan salah satu siaran bahasa asing dari Divisi Asia Timur dan Pasifik di VOA. VOA telah menyiarkan aneka program berita, informasi, dan program hiburan dalam Bahasa Indonesia sejak tahun 1942. Dipimpin oleh seorang Kepala Siaran Bahasa Indonesia, siaran bahasa Indonesia VOA memiliki 18 penyiar dan seorang produser. Siaran Bahasa Indonesia menyajikan berita-berita aktual, baik berita dari Amerika dan berita dunia, maupun berita terhangat dari tanah air, serta menyajikan berbagai program menarik mulai dari musik populer sampai pelajaran Bahasa Inggris.

Dimanakah kantor pusat (markas) VOA?
Lokasi kantor pusat VOA berdekatan Gedung Kongres Amerika yaitu beralamat di: 330 Independence Avenue, S.W., Washington, D.C. 20547. Di kantor pusat ini diproduksi berbagai program dan disiarkan ke seluruh dunia, baik secara langsung maupun melalui siaran afiliasi VOA.

Apakah Misi VOA?
VOA didirikan pada tanggal 24 Pebruari 1942, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan berita yang tepat, jujur, dan bisa diandalkan. Pedoman yang mendasari kegiatan siaran VOA adalah sebuah piagam yang ditandatangani oleh Presiden Gerald Ford dan kemudian disahkan menjadi Undang-Undang pada tanggal 12 Juli 1976.
Dalam Piagam VOA dinyatakan sebagai berikut:
"Kepentingan jangka panjang Amerika Serikat tercapai lewat komunikasi dengan rakyat seluruh dunia melalui radio. Supaya efektif, Suara Amerika berusaha membangun reputasi yang baik dan mendapat perhatian pendengarnya. Prinsip-prinsip berikut ini akan senantiasa menjadi pedoman siaran Suara Amerika:

  • Suara Amerika senantiasa merupakan sumber berita yang konsisten, andal, dan bisa dipercaya. Berita Suara Amerika akurat, obyektif dan menyeluruh
  • Suara Amerika mewakili Amerika, bukan segmen tertentu saja, dan oleh karena itu akan menyajikan secara berimbang dan menyeluruh refleksi pemikiran Amerika yang signifikan

  • Suara Amerika akan menyajikan kebijakan Amerika Serikat secara jelas dan efektif, dan juga akan menyuguhkan diskusi dan opini yang bertanggung jawab sehubungan dengan kebijakan itu."
Bagaimana Menerima Siaran VOA?
Program VOA dapat dinikmati dalam berbagai format, tergantung dari akses yang anda miliki. VOA menyiarkan lewat gelombang pendek, AM dan FM, televisi (TV), dan internet. Sebuah pedoman acara VOA tersedia di homepage VOA, atau anda bisa meminta informasi ini dengan menghubungi:
Audience Mail Unit
Voice of America
330 Independence Avenue, S.W.
Washington, D.C. 20547
Anda bisa juga mendengarkan program-program VOA siaran Indonesia pada radio gelombang pendek (SW) atau melalui internet di: http://www.voanews.com/indonesian/, kemudian click pada menu sebelah kiri dibawah bagian WEBCAST.

Berapa banyak bahasa yang digunakan dalam siaran VOA?
VOA menyiarkan program dalam bahasa Inggris dan 52 bahasa lainnya, yaitu: Afan Oromo, Albanian, Amharic, Arabic, Armenian, Azerbaijani, Bangla, Bosnian, Bulgarian, Burmese, Cantonese, Creole, Croatian, Czech, English, Estonian, Kirundi, Korean, Kurdish, Lao, Latvian, Lithuanian, Macedonian, Mandarin, Pashto, Polish, Portuguese, Romanian, Russian, Serbian, Slovak, Slovene, Farsi, French, Georgian, Greek, Hausa, Hindi, Hungarian, Indonesian, Khmer, Kinyarwanda, Spanish, Swahili, Thai, Tibetan, Tigrigna, Turkish, Ukrainian, Urdu, Uzbek, Vietnamese.

Seberapa besar jangkauan siaran VOA?
Lebih dari 93 juta orang di seluruh dunia mendengarkan acara-acara VOA setiap minggu. Pendengar lewat internet juga terus bertambah dengan semakin banyaknya orang yang memanfaatkan teknologi ini.

Siaran bahasa apa saja yang melakukan simulcast lewat radio dan televisi?
Albania, Bosnia, China, Inggris, Farsi, Indonesia, Serbia, dan Spanyol.

Bagaimana caranya memperoleh tape dari siaran bahasa Inggris VOA?
Pendengar diluar Amerika Serikat bisa menghubungi VOA lewat e-mail ke: letters@voa.gov atau dengan mengirim surat ke:
Audience Mail Unit
Voice of America
330 Independence Avenue, S.W.
Washington, D.C. 20547

Bagaimana Sejarah Lahirnya VOA?
Siaran pertama VOA dimulai dari kota New York pada tanggal 24 Pebruari 1942, hanya berselang 79 hari setelah Amerika Serikat terlibat dalam kancah Perang Dunia II. Dalam siaran pertamanya, yang disiarkan di Jerman, penyiar William Harlan Hale mengatakan kepada para pendengar: “Disini disiarkan suara dari Amerika. Setiap hari pada jam yang sama, kami akan menyiarkan berita-berita peperangan. Berita ini bisa saja berupa berita bagus atau berita buruk. (Bagaimanapun) Kami harus mengatakan yang sebenarnya”.
Selama PD II, VOA berada dibawah Kantor Penerangan Peperangan Amerika dan kemudian dipindah dibawah Departemen Luar Negeri AS ketika perang berakhir. VOA kemudian merupakan bagian dari USIA (U.S. Information Agency) pada tahun 1953, dan tahun berikutnya berpindah kantor ke Washington, D.C. Pada tanggal 1 Oktober 1999 USIA melakukan merger/penggabungan dengan Departemen Luar Negeri Amerika, dan dengan penggabungan itu VOA bersama TV Worldnet dan kantor siaran Cuba (Radio dan TV Marti) berada dibawah kewenangan Broadcasting Board of Governors, sebuah badan pemerintah yang independen.

Pertanyaan Lain?
Anda dapat menanyakan langsung kepada kami melalui e-mail ke: voaindonesia@voanews.com

XS
SM
MD
LG