Tautan-tautan Akses

Presiden Venezuela Hendak Boikot Komisi HAM OAS


<!-- IMAGE -->

Presiden Venezuela Hugo Chavez mengatakan negaranya sebaiknya memboikot badan ham Organisasi Negara Benua Amerika atau OAS, setelah dikeluarkannya laporan yang mencegam pelanggaran ham di Venezuela.

Presiden Chavez hari Kamis menyebut "sampah' laporan 319 halaman oleh Komisi Ham OAS itu. Chavez juga mengecam keras ketua komisi itu, Santiago Canton, dan menyebutnya "kotoran."

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton menyambut baik laporan tersebut, dan memberitahu komisi Kongress dia gembira melihat komisi OAS 'akhirnya bertindak dengan mengecam" pemerintah di Caracas. OAS meminta kepada Venezuela agar membicarakan laporan itu.

Dikeluarkan hari Rabu, laporan itu mengatakan Venezuela dibawah Presiden Chavez membatasi kebebasan mengutarakan pendapat dan sangat membatasi hak azasi manusia.

Laporan itu menyimpulkan bahwa wewenang pemerintah menghukum sedang digunakan untuk meng-intimidasi atau menghukum orang karena pendapat politik mereka. Laporan itu mengemukakan bahwa keadaan tidak memungkinkan pembela hak azasi manusia dan wartawan bekerja dengan bebas.


XS
SM
MD
LG