Tautan-tautan Akses

Tiongkok Protes ke WTO Pengenaan Tarif Sepatu oleh Uni Eropa


<!-- IMAGE -->

Tiongkok telah mengajukan pengaduan kepada Organisasi Perdagangan Sedunia (WTO) terkait bea masuk yang dikenakan Uni Eropa terhadap sepatu impor dari Tiongkok.

Kementerian Perdagangan Tiongkok mengumumkan langkah itu dalam sebuah pernyataan hari Kamis. Dikatakan tarif yang dikenakan Uni Eropa itu merusak kepentingan serta hak sah perusahaan-perusahaan Tiongkok.

Gugatan itu diajukan setelah adanya keputusan Uni Eropa Desember lalu untuk memperpanjang penalti tarif 16,5% atas sepatu buatan Tiongkok selama 15 bulan. Bea masuk itu dikenakan pertama kali tahun 2006.

Para pejabat Uni Eropa mengatakan tarif itu diberlakukan untuk melindungi produk-produk Uni Eropa dari kompetisi tidak adil dari Tiongkok.

Tahun lalu, Tiongkok minta WTO untuk memutuskan sengketa dengan Uni Eropa mengenai tarif alat pengunci terbuat dari baja buatan Tiongkok.

Uni Eropa mengatakan gugatan itu tidak berdasar dan menuduh Tiongkok membanting harga, dengan harga yang secara signifikan lebih rendah dari tali pengunci buatan Eropa.



XS
SM
MD
LG