Tautan-tautan Akses

Iran Lakukan 'Jamming' untuk Ganggu Transmisi Siaran VOA dan BBC


Lembaga penyiaran di Amerika dan Inggris mengatakan pemerintah Iran melakukan "jamming" atau "mengirim sinyal gangguan" terhadap transmisi satelit internasional ke negara itu.

Program televisi Persian News Network yang diselenggarakan VOA dan sejumlah siaran radio oleh kantor-kantor berita dukungan Amerika terpengaruh oleh jamming pihak Iran ini. Gangguan ini diarahkan ke sistem satelit komunikasi yang dipakai berbagai negara.

Penguasa Iran tidak menjawab pertanyaan dari Broadcasting Board of Governors atau BBG, sebuah lembaga yang mengawasi siaran internasional yang disponsori pemerintah Amerika, termasuk VOA.

Tetapi para insinyur yang secara teratur memantau komunikasi satelit mengatakan Iran tampaknya merupakan sumber gangguan sinyal itu, yang telah melakukan jamming terhadap sistem satelit yang dikenal sebagai Hot Bird.

Sebuah pernyataan dari BBG mengatakan para ahli nya telah menyimpulkan jamming oleh pemerintah Iran telah berlangsung paling tidak sejak 27 Desember. Disamping Persian News Network milik VOA, jamming juga mempengaruhi program Radio Farda dan Radio Sawa, program radio berbahasa Arab yang juga disponsori Amerika.

BBG mengecam praktek jamming ini dan menyebutnya sebagai penyensoran yang ditujukan untuk mengganggu aliran bebas berita dan informasi obyektif untuk rakyat Iran.



XS
SM
MD
LG