Tautan-tautan Akses

Menlu Clinton Sebut Pembicaraan Nuklir Korea Utara “Positif”


Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton mengatakan pertemuan utusan Amerika Stephen Bosworth di Pyongyang pekan ini "cukup positif," meskipun tidak berhasil membawa negara bersenjata nuklir itu kembali ke perundingan perlucutan senjata.

Hari Kamis, Nyonya Clinton menekankan bahwa pembicaraan itu untuk mencari berbagai kemungkinan.

Ia mengatakan pendekatan pemerintahan Obama terhadap Korea Utara adalah satu dari "kesabaran strategis" dalam koordinasi yang erat dengan sekutu-sekutu Amerika dalam pembicaraan nuklir.

Sebelumnya, hari Kamis, Bosworth mengatakan bahwa ia mengadakan "pembicaraan bermanfaat" dengan para pejabat penting urusan nuklir Korea Utara. Menurutnya, kedua pihak memiliki "pemahaman yang sama" tentang perlunya memulai kembali proses perlucutan senjata yang macet.

Amerika, Korea Selatan, Jepang, Tiongkok, dan Rusia menawarkan bantuan dan manfaat diplomatik kepada Korea Utara sebagai imbalan untuk mengakhiri program senjata nuklirnya.

Namun Korea Utara sering menarik diri keluar dari perundingan dan telah melakukan uji coba dua senjata nuklir dalam beberapa tahun terakhir.



XS
SM
MD
LG