Tautan-tautan Akses

Israel dan Turki Tingkatkan Hubungan


Pejabat Israel dan Turki telah berjanji untuk meningkatkan hubungan, setelah berbulan-bulan hubungan tegang setelah serangan Israel di Gaza.

Menteri Perdagangan Israel Benjamin Ben Eliezer bertemu dengan para pemimpin Turki, termasuk Presiden Abdullah Gul, di ibukota Turki hari Selasa. Menteri Israel itu menghadiri konferensi ekonomi bersama, dimana ia menanda-tangani perjanjian dengan para pejabat Turki.

Dalam kunjungannya, Ben Eliezer mendesak Turki untuk melanjutkan perannya sebagai penengah dalam perundingan perdamaian antara Israel dan Siria. Kunjungan Ben Eliezer diadakan hanya dua hari setelah Menteri Luar Negeri Israel Avigdor Lieberman mengatakan kecaman Turki baru-baru ini terhadap Israel membuatnya tidak memenuhi syarat sebagai penengah pembicaraan antara negaranya dan Siria.

Israel dan Turki mempunyai hubungan diplomatik yang erat, sebelum Israel melancarkan serangannya terhadap militan Palestina di Gaza. Turki mengecam keras Israel atas serangan tersebut, yang menewaskan kira-kira 1300 orang Palestina dan 13 warga Israel.

XS
SM
MD
LG