Tautan-tautan Akses

DPR Irak Sahkan Undang-Undang Pemilu


Undang-undang pemilihan umum Irak telah disahkan oleh DPR hari minggu oleh 141 dari 195 anggota yang hadir, setelah berhasil mengatasi sengketa penting tentang bagaimana melaksanakan pemilihan umum bulan Januari di kota Kirkuk, di bagian utara yang kaya minyak dan penduduknya terdiri dari beragam suku.

Ketika perdebatan berlangsung, dutabesar Amerika di Irak, Christopher Hill sibuk mengadakan diplomasi bolak-balik antara faksi-faksi yang bersengketa supaya bisa dicapai kata sepakat.

Presiden Amerika Barack Obama menyambut baik pengesahan RUU itu dan menyebutnya suatu kemajuan penting kearah tercapainya perdamaian yang langgeng di Irak. Kata Obama pemilihan umum itu akan merintis penarikan pasukan tempur Amerika dari Irak menjelang bulan September tahun depan.

Suku Kurdi yang tinggal di utara sejak lama berusaha memasukkan kota kirkuk kedalam kawasan otonomi mereka, tapi ditentang oleh banyak penduduk kota keturunan Arab dan Turkmen, yang lebih suka tetap berada dibawah pemerintah pusat Irak di Baghdad.


XS
SM
MD
LG