Tautan-tautan Akses

Polisi Iran Bentrok dengan Para Demonstran Oposisi


Polisi Iran bentrok dengan para demonstran oposisi yang melanjutkan demonstrasi menentang pemerintah pada ulang tahun ke-30 pendudukan kedutaan Amerika di Teheran. Para saksi mengatakan polisi menembakkan gas air mata ke arah ratusan orang yang turun ke jalan-jalan Teheran hari Rabu untuk demonstrasi yang didukung oleh calon presiden yang dikalahkan, Mir Hossein Mousavi.

Para demonstran meneriakkan "kematian untuk diktator" ketika mereka melanjutkan demonstrasi yang dimulai bulan Juni menentang pemilihan kembali Presiden Mahmoud Ahmadinejad yang disengketakan.

Demonstrasi di jalan-jalan tersebut terjadi pada waktu yang sama dengan demonstrasi anti Amerika di luar kedutaan Amerika yang sudah ditutup di Teheran. Demonstrasi itu memperingati 30 tahun sejak para mahasiswa Iran menyerang kedutaan tersebut dan menyandera 52 warga Amerika selama 444 hari.

Presiden Amerika Barack Obama memperingati peristiwa itu dengan menyerukan kepada Iran untuk memilih apakah negara itu akan terus memusatkan perhatian pada masa lampau, atau apakah negara itu akan"membuka pintu kesempatan yang lebih besar untuk rakyatnya."



XS
SM
MD
LG