Tautan-tautan Akses

Shimon Perez: Israel Tak Punya Rencana Serang Iran


Israel mengatakan pada Rusia bahwa negeri itu tidak berencana untuk melancarkan serangan atas Iran. Ini dikatakan oleh Presiden Rusia Dimitri Medvedev kepada jaringan televisi Amerika CNN hari Minggu.

Kata Medvedev janji ini diberikan oleh presiden Israel Shimon Perez yang bertemu dengannya bulan lalu di kota peristirahatan Rusia di Sochi.

Kata Medvedev, kalau Israel melancarkan serangan atas Iran, itu akan mengakibatkan bencana kemanusiaan yang hebat dan hanya akan memperkuat tekad Iran untuk membalas dendam.

Medvedev mengatakan kendati Rusia tidak punya perjanjian pertahanan dengan Iran, Rusia tidak akan tinggal diam apabila serangan seperti itu terjadi.

Ia juga menambahkan bahwa Rusia punya hak untuk menjual misi-misil penangkis serangan udara jenis S-300 kepada Iran, tapi tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu, kata Medvedev permulaan bulan ini mengadakan kunjungan rahasia ke Moskow. Kata laporan pers, Netanyahu berusaha menekan Rusia supaya jangan menjual missil penangkis serangan udara itu kepada Iran.


XS
SM
MD
LG