Tautan-tautan Akses

Liga Arab Bahas Ketegangan Irak-Suriah di Kairo


Para anggota Liga Arab berada di Kairo untuk menghadiri pertemuan tingkat menteri yang diperkirakan akan terfokus pada ketegangan antara Irak dan Suriah.

Sekretaris Jenderal Liga Arab Amr Moussa dan Menteri Luar Negeri Irak Hoshyar Zebari bertemu di sela-sela KTT untuk membahas situasi tersebut.

Hari Selasa, Zebari juga secara terpisah bertemu dengan mitranya dari Suriah. Menteri Luar Negeri Walid al-Moallem mengatakan Suriah sepenuhnya mendukung persatuan, integritas dan keamanan Irak.

Ketegangan antara Irak dan Suriah meningkat sejak aksi serangan bunuh diri dengan menggunakan truk yang diarahkan pada gedung-gedung pemerintah di Baghdad 19 Agustus lalu, yang menewaskan 100 warga Irak. Perdana Menteri Nouri al-Maliki menuduh serangan itu dilakukan para pendukung Baathist yang bermarkas di Suriah. Suriah menuntut pihak berwenang Irak untuk mengajukan bukti yang mendukung tuduhan itu.

Para menteri luar negeri negara-negara Arab juga diperkirakan akan membahas konflik Israel-Palestina, masalah di Irak, serta kondisi di wilayah Darfur, Sudan.

XS
SM
MD
LG