Tautan-tautan Akses

Obama Setujui Pembentukan Tim Interogasi Baru


Gedung Putih telah memberi konfirmasi bahwa Presiden Barack Obama menyepakati penciptaan sebuah tim elit terdiri dari para interogator guna menanyai tersangka teroris utama.

Jurubicara Gedung Putih Bill Burton, mengatakan tim ini akan berkantor di Gedung FBI dan mempertemukan berbagai unsur yang terlibat dalam interogasi. Ia mengatakan operasi tim akan konsisten dengan peraturan Panduan Lapangan Angkatan Darat Amerika.

Washington Post mengutip pejabat senior mengatakan, Presiden Obama menyetujui pembentukan High Value Detainee Interrogation Group atau Kelompok Interogasi Tahanan Bernilai Tinggi ini.

Menurut Post, kelompok ini akant terdiri dari beberapa pakar badan-badan intelijen dan penegak hukum, serta akan diawasi oleh Dewan Keamanan Nasional, sehingga Gedung Putih memiliki supervisi langsung atas badan tersebut.

Presiden Obama sudah melarang tindakan interogasi yang berat seperti waterboarding atau simulasi kondisi tenggelam, yang diperbolehkan dalam pemerintahan yang lalu.

Dibawah pedoman yang baru teknik-teknik seperti memainkan musik hingar bingar dan tidak memberi tahanan peluang tidur dilarang.

Secara terpisah New York Times melaporkan bahwa Kejaksaan merekomendasikan pemeriksaan beberapa kasus pelecehan tahana semasa pemerintahan Bush, yang akan bisa mengakibatkan penuntutan hukum terhadap pegawai CIA dan kontraktor mereka.

Hari Senin, laporan rahasia oleh penyelidikan internal CIA akan dirilis, laporan ini menyajikan perincian dari teknik-teknik semasa pemerintahan Bush yang kontroversial sifatnya.

XS
SM
MD
LG