Tautan-tautan Akses

Korea Utara Perlonggar Pengawasan Perbatasannya


Korea Utara sepakat melonggarkan pengawasan perbatasannya dengan Korea Selatan dan membolehkan lagi kunjungan keluarga melintasi perbatasan.

Berita ini muncul dalam sebuah pernyataan bersama hari Senin, yang disiarkan media resmi Korea Utara, setelah presiden Kim Jong Il bertemu dengan CEO Hyundai Group hari Minggu.

Kantor berita Korea Selatan Yonhap mengatakan perjanjian itu juga mencakup memudahkan operasi kompleks industri bersama di kota perbatasan Korea Utara, Kaesong.

Perempuan yang menjabat Chief Executive Officer Hyundai, Hyun Jeong Eun berkunjung ke Pyongyang hari Senin lalu untuk mengusahakan pembebasan seorang pegawai Hyundai yang ditahan Korea Utara sejak Maret. Pihak berwenang Korea Utara telah membebaskan pegawai itu hari Kamis.

Setelah pembebasan itu, Hyun memperpanjang masa tinggalnya di Korea Utara hari demi hari dalam yang nampaknya berupaya menemui presiden Kim dan mendiskusikan menghidupkan kembali aneka proyek bersama yang terhenti karena ketegangan antara kedua Korea.



XS
SM
MD
LG