Tautan-tautan Akses

Obama, Kongres AS Capai Kesepakatan tentang Reformasi Kesehatan


Presiden Barack Obama membuat seruan lagi bagi rencana reformasi pelayanan kesehatan, katanya para anggota Kongres telah mencapai kesepakatan substantif bersama seputar isu ini.

Di Gedung Putih Selasa, Obama mengatakan Demokrat dan Republik sepakat bahwa RUU reformasi pelayanan kesehatan memberi perlindungan asuransi kepada warga Amerika yang belum pernah ada sebelumnya.

Obama mengatakan RUU ini akan memberdayakan warga Amerika untuk memilih rencana asuransi yang mereka inginkan, menggalakkan hidup sehat, dan melindungi mereka dari kebangkrutan kalau mereka jatuh sakit. Presiden membuat reformasi pelayanan kesehatan pusat dari agenda domestiknya, dan ia ingin Kongres menyetujui rencana itu sebelum Kongres reses Agustus mendatang.

Pemimpin Republik di Senat Senator Mitch McConnell mengecam pendekatan Obama, katanya reformasi pelayanan kesehatannya bersifat terburu-buru dan terdapat banyak kesalahan.

Dalam berita lainnya, pejabat Amerika mengusulkan langkah pendisiplinan terhadap badan-badan penentu peringkat kredit yang biasanya memberi saran apakah investasi tertentu akan menghasilkan keuntungan.

Beberapa pakar ekonomi menuduh bahwa badan-badan ini ikut menyebabkan krisis finansial global. Banyak badan-badan penentu peringkat ini memberi penilaian tinggi pada investasi buruk, termasuk banyak investasi di sektor perumahan, yang kemudian ambruk.

Penentuan peringkat ini berpengaruh pada kemampuan bisnis untuk menarik penanam modal.

Rencana sebelumnya dari Presiden Barack Obama adalah merombak total regulasi finansial namun kini rencana itu mengalami hambatan kuat.

Minggu lalu, sebuah koalisi yang mewakili para investor besar menerbitkan laporan yang mengecam usul Presiden itu, yang akan menempatkan tanggung jawab terbesar untuk regulasi finansial pada lembaga Bank Sentral.



XS
SM
MD
LG