Tautan-tautan Akses

Kedubes Tiongkok di Aljazair Berjaga Akan Kemungkinan Serangan al-Qaida


Kedutaan Tiongkok di Aljazair memperingatkan warganya akan kemungkinan serangan dari al-Qaida sebagai balasan atas penindakan oleh Tiongkok di daerah Muslim, Xinjiang.

Kedutaan itu memuat pesan adalam situs Internet Selasa malam, yang meminta kepada perusahaan-perusahaan yang didanai Tiongkok di Aljazair agar memperkuat langkah keamanan. Peringatan itu dikeluarkan setelah perusahaan keamanan Inggris Stirling Assynt mengatakan cabang al-Qaida di Afrika Utara telah bertekad untuk membalas penindakan terhadap Muslim Uighurs di Xinjiang dengan menyerang pekerja Tiongkok di Aljazair.

Bentrokan sebelumnya bulan ini antara Muslim Uighurs dan mayoritas suku Han Tiongkok menewaskan paling sedikit 184 orang. Beijing mengatakan sebagian besar korban adalah suku Han, klaim yang dibantah oleh organisasi-organisasi Uighur.

Ketegangan tetap tinggi di Tiongkok setelah polisi menewaskan dua orang suku Uighur di Xinjiang hari Senin. Pihak berwajib mengatakan keduanya menyerang seorang Uighur lain. Rincian insiden itu belum dikukuhkan secara independen.


XS
SM
MD
LG