Tautan-tautan Akses

Sotomayor Hadapi Pertanyaan-Pertanyan Dari Para Senator


Calon hakim Mahkamah Agung Amerika Sonia Sotomayor menghadapi pertanyaan-pertanyaan dari para Senator hari Selasa dalan sidang pengukuhannya.

Hari Senin, perempuan tersebut yang diperkirakan akan menjadi hakim agung yang pertama dari keturunan Amerika Latin, memberi jaminan kepada para Senator dia akan menerapkan hukum secara tidak memihak.

Ketika sidang dilanjutkan, golongan Republik kemungkinan akan menanyakannya mengenai komentarnya dalam tahun 2001. Sotomayor mengatakan apa yang disebutnya perempuan Latina yang bijaksana mungkin akan dapat mengambil keputusan hukum yang lebih baik daripada priya kulit putih.

Satu lagi kemungkinan hal yang akan dipersoalkan berhubungan dengan keputusan dewan hakim pengadilan banding yang mencakup Sotomayor. Mahkamah banding itu membuang angka hasil ujian beberapa pemadam kebakaran karena terlalu sedikit anggota ras minoritas yang memperoleh angka yang baik dalam ujian tersebut. Bulan lalu, Mahkamah Agung membatalkan keputusan makamah banding itu.

Golongan Republik telah mengakui bahwa mereka tidak akan mungkin berhasil menghambat calon yang diajukan Presiden Barack Obama itu.


XS
SM
MD
LG