Tautan-tautan Akses

PM Albania Inginkan Koalisi dengan Partai Sosialis Kecil


Perdana Menteri Albania Sali Berisha telah mengundang partai kecil Gerakan Integrasi Sosialis untuk merundingkan pembentukan pemerintahan koalisi.

Undangan itu datang kurang dari sepekan setelah Partai Berisha yakni Partai Demokrasi yang berkusa memenangkan pemilihan parlemen. Dengan hampir semua surat suara dihitung dari pemilihan Ahad lalu, partai ini meraup hampir 47 persen suara, sedangkan Partai Sosialis yang merupakan golongan oposisi utama memperoleh 45 persen. Gerakan Integrasi Sosialis memperoleh hampir 6 persen.

Pemilihan itu dipandang sebagai ujian penting bagi Albania dalam usahanya untuk masuk menjadi anggauta Uni Eropa. Negara itu masuk NATO April baru lalu.

PM Berisha mendesak partai itu agar menyetujui diadakannya pembicaraan koalisi. Ketua partai itu, Ilir Meta, Sabtu mengatakan, kelompoknya akan menerima undangan tersebut.

Partai Sosialis yang beroposisi telah menuduh Partai Demokrasi curang dalam pemilihan. Tim pemantu Internasional menyebut pemilihan itu merupakan kemajuan dari ke-enam pemilu lainnya sejak jatuhnya golongan komunis pad awal tahun 1990-an, tetapi mereka menyatakan, Albania harus berbuat lebih banyak untuk memenuhi standar demokratik.


XS
SM
MD
LG