Tautan-tautan Akses

Anggota Utama IAEA Kecam Uji Nuklir Korea Utara


Para anggota utama badan energi atom internasional atau IAEA telah mengecam uji nuklir Korea Utara baru-baru ini dan mendesak Pyongyang agar kembali ke perundingan pelucutan senjata nuklir.

Para diplomat yang menghadiri pertemuan Dewan IAEA di Wina Rabu, mengatakan uji nuklir Korea Utara pada 25 Mei yang lalu dikecam Amerika, Uni Eropa, Tiongkok, Jepang dan Kanada.

Delegasi Amerika Geoffrey Pyatt mengatakan Washington tidak akan menerima Korea Utara sebagai negara yang memiliki senjata nuklir.

Presiden Korea Selatan Lee Myung-bak mengatakan pemerintahnya tidak akan mengijinkan Pyongyang memiliki senjata nuklir dalam kondisi apapun.

Ia mengatakan kepada hadirin di George Washington University di Washington, bahwa Korea Utara harus sepenuhnya melepaskan ambisi nuklirnya guna mencapai perdamaian.

Para pemimpin Rusia dan Tiongkok mengeluarkan pernyataan bersama hari Rabu yang mengutarakan keprihatinan yang serius dengan situasi di Semenanjung Korea.

Dalam pertemuan di Moskow, Presiden Rusia Dmitri Medvedev dan counterpartnya dari Tiongkok Hu Jintao menyerukan pemulihan secepatnya pembicaraan nuklir enam pihak, yang macet awal tahun ini.



XS
SM
MD
LG