Tautan-tautan Akses

Ukraina Peringati 23 Tahun Musibah Chernobyl


Ukraina memperingati 23 tahun bencana pembangkit listrik Chernobyl yang merupakan kecelakaan nuklir sipil paling buruk di dunia.

Presiden Ukraina Viktor Yushchenko bergabung dengan para pejabat teras lainnya serta serta orang-orang yang berkabung di Kyiv hari Minggu, meletakkan karangan bunga untuk mengenang para korban.

Dalam pidato yang diterbitkan oleh kantor persnya, Yushchenko mengatakan – dalam kata-katanya – "Hari ini kita mengenang dengan kesedihan mendalam para pahlawan yang berjuang melawan badai nuklir dan mengorbankan diri mereka bagi kita dan anak-anak kita."

Organisasi Kesehatan Sedunia atau WHO memberikan perkiraan lebih dari Sembilan ribu orang di seluruh dunia akhirnya akan mati akibat kanker terkait tragedi Chernobyl tersebut. Namun kelompok lingkungan hidup Greenpeace menyatakan kematian bisa jadi angka kematian itu dapat melebihi 90 ribu.

Puing-puing reactor Chernobyl berisi 200 ton bahan bakar nuklir. Lokasi itu masih sangat berbahaya karena radioaktif, dan penutup dari beton yang sangat besar itu kini mulai memburuk.

XS
SM
MD
LG