Tautan-tautan Akses

Rajapakse: Tidak Ada Amnesty Bagi Pemimpin Pemberontak


Presiden Sri Lanka Mahinda Rajapakse telah menutup kemungkinan amnesty bagi pemimpin Harimau Tamil, Vellupillai Prabhakaran, sementara pasukan pemerintah maju lebih jauh ke dalam wilayah yang dikuasai pemberontak.

Rajapakse mengatakan bahwa kalau Prabhakaran ditangkap hidup-hidup, ia akan menghadapi konsekwensi tindakannya. Dua tokoh pemberontak telah menyerah kepada pemerintah hari Rabu. Para pejabat Sri Lanka mengatakan hampir 100 ribu orang sipil telah melarikan diri dari zona perang yang terus menciut sejak Senin, tetapi masih ada keprihatinan akan orang yang masih terkurung disana.

Di New York Rabu malam, Dewan Keamanan PBB menyatakan keprihatinan mendalam akan keadaan kemanusiaan di zona perang dan penderitaan puluhan ribu orang sipil yang terperangkap disana.

Dalam rapat informal yang tertutup Rabu malam, para anggota Dewan Keamanan mendesak pemerintah di Kolombo agar melindungi kaum sipil. Dewan meminta kepada pemberontak Harimau Tamil agar jangan menggunakan mereka sebagai perisai manusia.


XS
SM
MD
LG