Tautan-tautan Akses

Pembajak Somalia Akan Diadili Sebagai Orang Dewasa


Seorang remaja Somalia satu-satunya yang selamat dari satu kelompok yang berusaha membajak sebuah kapal barang Amerika di lepas pantai Somalia telah didakwa sebagai orang dewasa di pengadilan New York.

Kejaksaan Amerika mengatakan remaja Somalia itu, Abdiwali Abdiqadir Muse, adalah pemimpin kelompok pembajak itu. Mereka mengatakan ia adalah pembajak pertama memasuki kapal Maersk Alabama yang hendak dibajak tanggal 8 April. Ia dituduh menembak kapten kapal, Richard Phillips, dan kemudian menuntut agar Phillips menyerahkan 30 ribu dolar dari brankas kapal tersebut.

Muse, yang berusia 18 tahun, dikenakan tuduhan dalam gugatan pidana FBI yang dibuka hari Selasa setelah hakim federal memutuskan ia akan diadili sebagai orang dewasa. Hakim menolak klaim bahwa Muse baru berusia 15 tahun, yang meratakan jalan untuk proses peradilan yang akan diumumkan.

Ia akan menjadi orang pertama yang diadili di Amerika Serikat atas pembajakan dalam lebih satu abad. Kalau didapati bersalah, ia dapat menghadapi hukuman penjara seumur hidup.

XS
SM
MD
LG