Tautan-tautan Akses

AS Pertimbangkan Cabut Tuntutan Kunci Dalam Perundingan Nuklir Iran


Sebuah laporan mengatakan bahwa pemerintahan Obama sedang mempertimbangkan mencabut tuntutan agar Iran menghentikan proses pengayaan uranium sebagai kondisi memasuki perundingan dengan Tehran mengenai program nuklirnya.

Penjabat Jurubicara DepLu AS Robert Wood mengatakan, bahwa pemerintah AS ingin berdialog dengan Iran mengenai isu ini. Katanya, ini adalah isu penting bagi masyarakat internasional, dan Iran perlu menunjukkan bahwa program nuklirnya adalah untuk tujuan damai.

Sementara, suratkabar The New York Times Selasa ini menyebutkan bahwa Washington dan para sekutu Eropanya sedang menyusun proposal yang menandai perubahan besar dalam strategi yang semula dilakukan oleh mantan Presiden George W. Bush.

Pemerintahan sebelumnya telah menuntut Tehran menghentikan semua aktivitas pengayaan uraniumnya sebelum memasuki tahap perundingan resmi.

Suratkabar itu menambahkan bahwa AS dan Eropa akan mendesakIran agar secara berangsur-angsur membuka program nuklirnya bagi berbagai inspeksi, tetapi akan membiarkan Tehran meneruskan proses pengayaan uranium selama beberapa periode waktu perundingan berlangsung.



XS
SM
MD
LG