Tautan-tautan Akses

Obama Cabut Pembatasan Riset Sel Batang


Presiden Barack Obama telah menandatangani executive order (instruksi presiden) mencabut instruksi pendahulunya melarang pemakaian uang rakyat (dana negara) dalam penelitian kedokteran menggunakan sel batang embrio.

Hari Senin di Gedung Putih Presiden Obama mengatakan saintis berpendapat sel itu mungkin berpotensi menolong masyarakat ilmu pengetahuan memahami dan mungkin menyembuhkan sebagian dari penyakit dan kondisi yang paling parah. Ia mengatakan janji sepenuhnya dari riset sel batang masih belum diketahui.

Presiden Obama mengakui riset itu kontroversial, namun mengatakan bahwa setelah dibahas, diperdebatkan dan dikaji secara mendalam maka tindakan yang perlu ditempuh menjadi jelas. Ia mengatakan bagian besar rakyat Amerika mendukung riset sel batang.

Menurut Obama akan ada petunjuk tegas yang akan ditegakkan seteguhnya. Ia menghimbau Kongres bertindak secara bersama dalam memberi dukungan lebih lanjut pada riset sel batang itu.

Bulan Agustus 2001 Presiden George Bush melarang pemakaian uang negara untuk riset itu. Yang kontra riset sel batang mengatakan merusak embrio manusia untuk riset adalah perbuatan amoral dan mengakhiri apa yang mereka pandang sebagai janin.

XS
SM
MD
LG