Tautan-tautan Akses

PBB Serukan Jangan Ada Intervensi Politis Bantuan ke Penduduk Gaza


Kordinator Bantuan Darurat PBB, John Holmes berseru kepada semua pihak jangan melakukan campurtangan politis dalam pemberian bantuan kepada penduduk Gaza.

Holmes mengatakan ia akan bekerjasama dengan Israel, Otoritas Palestina dan pihak yang berkuasa di Gaza maksudnya Hamas untuk memastikan bantuan itu diterima yang membutuhkannya. PBB, katanya, akan memantau bantuan itu agar bahan bangunan bagi wilayah Palestina itu yang hancur oleh tiga minggu serangan Israel tidak dibelokkan untuk kegunaan militer.

Hamas meminta pintu lintas batas ke Gaza dibuka sebagai tukar bagi gencatan senjata tahan lama. Namun Israel membatasi bantuan dan lalulintas yang masuk ke Gaza karena takut bahan bantuan itu dapat dipergunakan oleh pihak militan.

Selagi rekonstruksi perlahan mulai dilakukan, upaya diplomatik untuk menegakkan gencatan senjata yang kekal terus dilakukan. Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas berada di Prancis melakukan pembicaraan dengan Presiden Nicolas Sarkozy yang berusaha menegakkan gencatan senjata tahan lama.


XS
SM
MD
LG