Tautan-tautan Akses

Gempuran Meriam Israel Hantam Kompleks PBB di Gaza


Militer Israel menusuk lebih jauh memasuki Kota Gaza dalam pertempuran sengit sehari, dimana mereka menewaskan seorang pejabat tinggi Hamas dan menghantam rumahsakit, sebuah pusat media dan kompleks PBB.

Para pejabat PBB menolak pernyataan Israel bahwa pasukannya menggempur kompleks itu karena tembakan kaum militan dari sana.

PBB mengatakan Israel juga menggempur tiga rumahsakit di Gaza. Kaum militant Palestina menembakkan paling kurang 15 roket ke Israel selatan. Dan seorang pemimpin utama Hamas, Said Siam, tewas dalam serangan udara Israel.

Baik Israel maupun Hamas telah mengabaikan seruan PBB untuk menghentikan pertempuran. Seorang pejabat Israel berada di Kairo hari ini, membicarakan rancangan gencatan-senjata yang ditengahi Mesir, kemudian kembali ke Israel untuk ber-konsultasi dengan para pemimpin Israel.

Sementara itu, para pejabat Israel mengatakan Washington siap membantu mengatasi masalah penyelundupan senjata kepada kaum militant Hamas di Gaza.

Kantor Perdana Menteri Israel Ehud Olmert mengatakan Menteri Luar Negeri Condoleeza Rice menawarkan hal itu dalam pembicaraan telepon dengan Olmert Kamis ini. Para pejabat Israel mengutip Rice mengatakan Washington bersedia menandatangani memorandum pengertian dengan Israel mengenai isu penyelundupan senjata itu.

Direktur Jenderal Kementerian Luar Negeri Israel Aharpn Abramowitz bertemu dengan para pejabat Amerika di Washington hari ini untuk mengupayakan bantuan Amerika dalam mencegah Hamas mempersenjatai diri kembali setelah konflik Gaza berakhir.

Pemerintahan Bush belum menanggapi pernyataan mengenai Rice. Israel telah sejak lama menuduh Iran menyelundupkan roket dan senjata lain kepada Hamas melalui terowongan di bawah perbatasan Mesir – Gaza.

Perusahaan intelijens swasta Stratfor mengatakan Iran menggunakan jaringan penyelundupan canggih untuk mengirim senjata kepada Hamas melalui wilayah Sudan dan Mesir. Iran adalah pendukung vokal Hamas tetapi menyangkal mempersenjatai ataupun melatih kelompok itu.


XS
SM
MD
LG