Tautan-tautan Akses

Abdullah Gul Tuan Rumah Pembicaraan antara Karzai dan Zardari


Presiden Pakistan dan presiden Afghanistan akan bertemu di Turki hari ini dalam usaha meredakan ketegangan dan memperkuat hubungan antara kedua negara bertetangga itu.

Presiden Turki Abdullah Gul akan menjadi tuan rumah pembicaraan antara Presiden Afghanistan Hamid Karzai dan Presiden Pakistan Asif Ali Zardari di Istanbul.

Tahun lalu, Karzai dan Presiden Pakistan waktu itu, Pervez Musharraf, mengadakan pertemuan tingkat tinggi pertama mereka, dengan kedua pemimpin berjanji akan bekerjasama dalam hal keamanan.

Afghanistan dan Amerika Serikat telah mendesak pemerintah Pakistan agar berbuat lebih banyak untuk memerangi kaum militan di daerah kesukuan Pakistan, yang melancarkan serangan-serangan terhadap pasukan asing di Afghanistan.

Hari Kamis, Presiden Amerika George Bush menelpon dan mengucapkan terima kasih kepada Presiden Turki Gul atas kerjanya mempromosikan kerjasama antara pemimpin Pakistan dan pemimpin Afghanistan. Bush juga memuji komitmen Gul untuk mengupayakan tercapainya kestabilan dan keamanan di Irak.

XS
SM
MD
LG