Tautan-tautan Akses

Satuan Komando Masih Bertempur Lawan Kaum Militan Islamis di Mumbai


Lebih dari 36 jam setelah serangan teror ganda dimulai di kota Mumbai, satuan komando masih bertempur melawan kaum militan Islamis yang diduga menahan beberapa orang sandera di sebuah hotel mewah dan di pusat warga Yahudi di Mumbai.

Komandan Angkatan Darat India Jumat ini mengatakan , sedikitnya seorang militan masih di dalam hotel Istana Taj Mahal dan mungkin menyekap beberapa orang sandera. Suara tembakan dan ledakan terdengar datang dari gedung itu.

Suara tembakan dan ledakan juga terdengar di sebuah gedung milik kelompok warga Yahudi. Satuan komando India telah mengepung gedung itu.

Pasukan keamanan India juga telah melakukan operasi untuk membebaskan para sandera di hotel Oberoi-Trident.

Beberapa kelompok militan melakukan serangan terkoordinasi terhadap sasaran-sasaran di seluruh Mumbai Rabu malam, menewaskan sedikitnya 119 orang dan melukai lebih dari 300 . Diantara yang tewas adalah orang-orang asing dan polisi berpangkat tinggi.

Pihak berwajib mengatakan, sedikitnya 7 orang militan tewas. Polisi menyatakan telah menahan beberapa orang lainnya, termasuk 3 tersangka anggauta kelompok militan Laskhar-e-Taiba yang berpengkalan di Pakistan.

Mereka mengatur serangan dari kamar hotal Taj Mahal dan Trident-Oberoi, dan telah disiapkan berbulan-bulan.

Komando India mengatakan kepada para wartawan, kaum militan itu terlatih baik dan jelas mereka mengetahui denah gedung-gedung yang mereka serang.

XS
SM
MD
LG