Tautan-tautan Akses

Birma dan Bangladesh Bahas Sengketa di Teluk Benggala


Pejabat Birma dan Bangladesh hari ini mengadakan pertemuan di New Delhi untuk membahas sengketa territorial di kawasan Teluk Benggala yang kaya minyak dan gas alam.

Kata pernyataan kementerian LN Bangladesh, pertemuan berlangsung ramah dan kedua pihak sama-sama ingin menyelesaikan sengketa itu secara damai.

Pernyataan itu menambahkan, pertemuan antara menteri LN Bangladesh Iftikar Choudury dan Menlu Birma U Nyan Win berlangsung di sela-sela konperensi para menteri LN.

Keduanya sepakat melanjutkan kontak-kontak tingkat tinggi dan perundingan tentang hak eksplorasi minyak dan gas alam itu akan dilanjutkan pada tingkat perdana menteri di New Delhi. Tidak disebutkan kapan pertemuan itu akan diadakan.

Ketegangan meningkat belakangan ini setelah Birma mulai mengadakan eksplorasi minyak dan gas alam di kawasan Teluk Benggala yang masih dipersengketakan. Kata Birma, kawasan explorasi itu terletak dalam zone ekonomi eksklusif, tapi Bangladesh mengatakan kedua negara harus sepakat dulu tentang garis perbatasan yang pasti sebelum mengadakan eksplorasi.

XS
SM
MD
LG