Tautan-tautan Akses

Obama Mungkin akan Copot Dua Pejabat Tinggi Intelijen AS


Kepala dinas rahasia Amerika, CIA Michael Hayden, dan direktur badan intelijen nasional laksamana Mike McConnell kemungkinan akan dicopot dari jabatannya setelah Barack Obama dilantik menjadi presiden bulan Januari.

Ini dikatakan oleh harian Washington Post hari Rabu, mengutip sumber-sumber intelijennya.

Kata laporan itu, kedua pejabat tinggi intelijen tadi ditentang oleh banyak pejabat partai Demokrat dalam Kongres, karena dukungan mereka pada kebijakan pemerintahan Presiden Bush untuk menyiksa tahanan dan penyadapan elektronik tanpa izin pengadilan.

Tapi para pejabat tim transisi Obama mengatakan, belum diambil keputusan pasti tentang kedua jabatan tinggi dinas intelijen itu.

Kemarin, kepala tim transisi Obama, John Podesta mengatakan para pelobi dilarang memberikan sumbangan keuangan kepada pejabat tim Obama. Kata Podesta, orang yang pernah menjadi pelobi dan diangkat menjadi pegawai negeri dalam satu tahun terakhir, tidak boleh bekerja dalam tim transisi dalam bidang yang pernah dipegangnya ketika menjadi pelobi.

Ini adalah kebijaksanaan Obama yang mengatakan ia tidak akan menerima uang dari pelobi ataupun mempekerjakan pelobi dalam pemerintahannya.

XS
SM
MD
LG