Tautan-tautan Akses

Harga Saham di Asia Naik untuk Pertama Kalinya dalam 3 Hari


Harga saham di Asia naik untuk pertamakalinya dalam tiga hari setelah Tiongkok mengumumkan paket stimulus bernilai 586 milyar dolar untuk menggalakkan permintaan dalam negeri.

Harga saham di Tokyo, Hong Kong dan Shanghai naik tajam hari ini, dengan indeks Nikkei naik hampir enam persen, dan indeks Hang Seng naik tiga setengah persen. Harga minyak mentah juga naik karena pengumuman Tiongkok itu, dan rencana Arab Saudi mengurangi lima persen pengiriman minyak ke Asia untuk bulan Desember.

Pada pembukaan pasar Eropa harga saham juga naik, dengan indeks di London, Paris dan Frankfurt naik rata-rata hampir tiga persen.

Langkah Tiongkok untuk melindungi perekonomiannya yang digerakkan oleh ekspor dari krisis finansial global, diambil selagi para emnteri keuangan negara-negara yang tergabung dalam Kelompok-20 mengakhiri pertemuan di Sao Paulo, Brazil.

Para menteri keuangan itu sepakat bahwa tindakan urgen diperlukan untuk memulihkan kestabilan pasar finansial, namun mereka tidak mengumumkan rencana spesifik.

XS
SM
MD
LG