Tautan-tautan Akses

IMF: Dunia Berada di Jurang Resesi


Kepala dana moneter internasional (IMF) mengatakan, dunia sedang berada di tepi jurang resesi, tapi ia memperkirakan perekonomian dunia akan mulai pulih pada akhir tahun depan.

Kata Dominique Strauss-Kahn, semua negara harus bekerja sama untuk mencegah terjadinya resesi global dan memperingatkan, masalahnya tidak akan bisa diselesaikan pada tingkat lokal saja.

Penurunan tingkat suku bunga oleh bank-bank sentral banyak negara minggu ini adalah contoh baik kerjasama internasional untuk memulihkan perekonomian yang sedang goyah.

Ini dikatakan oleh kepala dana moneter internasional itu di Washington dimana wakil-wakil negara anggota IMF dan kelompok G-7 berkumpul untuk mengadakan sidang tahunan.

Bank-bank sentral Amerika, Eropa, Inggris, Kanada, Swiss, Swedia dan Cina kemarin menurunkan tingkat suku bunga masing-masing.

Sementara itu, sejumlah menteri perminyakan OPEC mengatakan, OPEC mungkin akan mengadakan pertemuan darurat bulan depan untuk menghentikan turunnya harga-harga minyak.

Kata pejabat OPEC itu, OPEC mungkin perlu mengurangi tingkat produksi guna memperkuat harga-harga di pasar internasional.

Harga minyak mentah turun kira-kira 40 persen dari puncaknya bulan Juli, ketika harga minyak mentah mencapai 140 dollar per barrel. Harga minyak di bursa New York hari Kamis tercatat sekitar 90 dollar per barrel.

XS
SM
MD
LG