Tautan-tautan Akses

Ban Harap Keadaan di Korut Tidak Berdampak Negatif


Sekjen PBB Ban Ki-moon mengatakan ia berharap keadaan di Korea Utara tidak akan berpengaruh negatif terhadap usaha untuk mengakhiri program senjata nuklir negara itu.

Ia mengatakan demikian hari Kamis dalam menjawab pertanyaan wartawan mengenai kesehatan pemimpin Korea Utara Kim Jung Il, yang kabarnya menderita stroke.

Ban menyatakan keprihatinan bahwa Korea Utara telah memutuskan untuk merakit kembali reaktor nuklir utamanya. Ia mendesak Pyongyang agar memenuhi janjinya dalam pembicaraan 6-negara.

Sebelumnya hari Kamis, anggota parlemen Korea Selatan Lee Cheol-woo mengutip pimpinan intelijens negara itu mengatakan bahwa pemimpin Korea Utara itu tidak menghadapi kesulitan berbicara atau berkomunikasi, dan dapat berdiri tanpa dibantu. Tetapi, media Korea Selatan mengklaim bahwa stroke tersebut telah mengakibatkan Kim lumpuh separuh. Suratkabar Korea Selatan juga memberitakan bahwa para dokter bedah asing telah mengoperasi pemimpin Korea Utara itu setelah ia terjatuh bulan lalu.

Pejabat Korea Utara membantah Kim sedang sakit, dan menyebut laporan mengenai kesehatannya bagian dari muslihat persekongkolan.

XS
SM
MD
LG